TENTANG SPIDI

Era revolusi industri 4.0 memberikan tantangan tersendiri bagi pendidikan, sekolah harus hadir memberikan jawaban melalui pendidikan Abad 21 yang menghasilkan lulusan kompeten.  Sekolah Putri Darul Istiqomah sebagai boarding school putri terbaik di Indonesia Timur hadir dengan konsep Islamic & Holistic Education.

SPIDI melalui berbagai program unggulan senantiasa berkomitmen melahirkan generasi muslimah yang smart & sholehah dengan standar kompetensi lulusan yang mu’minah (beriman),  alimah (berilmu),  amilah (pengamal, senantiasa beramal shaleh), da’iah (pendakwah),  mujahidah (siap untuk berjuang untuk umat), dan ummi (ibu profesional).

SPIDI memperhatikan minat bakat serta perbedaan kecepatan belajar siswi, sehingga dibukalah dua program penjurusan di SPIDI dengan pengaturan Sistem Kredit Semester (SKS), yaitu Program Konsentrasi Akademik dan Tahfizhul Qur’an.

Selain Kurikulum 2013, SPIDI memiliki kurikulum khas yaitu Kurikulum Mar’atushshalihah, kurikulum ini membentuk siswi SPIDI selain cerdas ilmu keislaman, tapi juga berakhlakul karimah. Boarding School memungkinkan siswi banyak belajar mengenai kehidupan, mulai dari kemandirian hingga kemampuan mengatasi permasalahan.

Pendidikan Abad 21 menekankan pada pembekalan life skills seperti collaboration, communication, critical thinking, creativity, character yang hampir semuanya bisa diperoleh dalam kehidupan sehari-hari di asrama melalui sistem kepengasuhan yang baik. Program TILAWA  atau Tidur Lebih Awal memungkinkan siswi mengamalkan sunnah Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari untuk tidur setelah isya’ dan bangun pagi untuk melaksanakan Qiyamullail. Program kepengasuhan ini juga membekali siswi untuk mampu memanage waktu.

SPIDI juga menggunakan konsep pembelajaran ICCTL (Integrated, Creative, Contextual Teaching Learning), siswi belajar secara terpadu dengan metode pembelajaran kreatif yang mengarah pada aplikasi ilmu dalam kehidupan sehari-hari. Rangkaian ICCTL antara lain Research Project, Fieldtrip, Project Day, dan Learning Exhibition.

Menanggapi derasnya perkembangan IT mengikuti era revolusi Industri 4.0, pembelajaran siswi berbasis e-learning, salah satunya dengan menggunakan pc chrome book. Siswi SPIDI juga dibekali enterpreneur skill melalui kelas ecopreneur dan technopreneurmarket day, dan kuliah umum kewirausahaan.

Program lain yang mendukung leadership skills, personal development, dan global competencies antara lain overisland,overseas (Singapore Malaysia Race, Umroh Plus, Goes to Japan, Goes to Turkey, Goes to USA), student exchange (dalam dan luar negeri), Personal Development & Healthy Care (PDHC) class, internship programme, dan lain-lain.

Sumber daya manusia SPIDI disiapkan untuk mendorong berjalannya proses pembelajaran yang tepat sasaran. Guru dan staf diantaranya lulusan dari Universitas Madinah, Al Azhar Cairo, IPB, UNY, UNHAS, UNM, LIPIA, dan universitas bereputasi baik lainnya.