Field trip adalah metode pembelajaran yang dilaksanakan dengan cara membawa siswa ke luar kelas dengan mengunjungi suatu tempat atau lingkungan tertentu yang sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran, sehingga siswa dapat mengamati atau mengalaminya secara langsung.

Metode pembelajaran ini menjadi salah satu metode yang paling disenangi oleh para siswi di Sekolah Putri Darul Istiqamah. Field Trip SPIDI telah rutin dilaksanakan setiap tiga bulan sekali, tepat sebelum Learning Exhibition SPIDI digelar.

Situasi Pandemi yang masih mengalami peningkatan di beberapa daerah, membuat SPIDI harus kembali melakukan fieldtrip secara virtual.

Meskipun demikian, model pembelajaran tetap dibuat semenarik mungkin dengan memanfaatkan teknologi aplikasi Google Earth dengan perangkat e-learning SPIDI on Cloud.

Kepala Bidang Kesiswaan SPIDI, Ustazah Syamsuriyani, S.Pd. mengungkapkan tujuan diadakannya field trip adalah agar para siswi bisa mendapatkan data terkait tema project day yang akan dibuat nanti.

“Anak-anak bisa terjun langsung untuk menemukan data dari setiap mata pelajaran yang telah diintegrasikan melalui pembelajaran langsung di tempat field trip,” ungkapnya.

Ustazah Syamsuriyani menambahkan bahwa meskipun dilakukan secara virtual, kegiatan field trip ini akan tetap terjaga esensinya.

“Field trip tahun ini masih kita lakukan secara virtual namun tidak mengurangi esensi layaknya field trip secara offline karena anak2 juga bisa melihat tempat field trip mereka secara detail melalui fitur Google earth dan tentu pemandu sekaligus pemateri yang sesuai dengan bidang masing-masing,” tambahnya.

Pada field trip kali ini, ada tiga tema yang diusung, yang pertama Untung Ala Nabi untuk kelas VII, Konsep Rasulullah dalam Berdagang untuk kelas VIII, dan The Islamic Eksplorer (Ibnu Batutah) untuk kelas IX.

Salah satu santri SPIDI, Muthia Salsadjabila Bastiar mengungkapkan rasa senangnya bisa berkeliling dunia meskipun hanya secara virtual.

“Meskipun secara virtual, fieldtripnya tetap menyenangkan, kita bisa keliling dunia, ke Kairo, Mesir, Damaskus, Baghdad, Madinah, serta kota-kota lainnya,” tuturnya.

Almira Khairiyah Bilqis dari kelas IX Tahfizh juga mengungkapkan, bahwa kegiatan field trip kali ini seru karena menambah wawasan terkait dengan sejarah Islam.

Meskipun demikian, Almira bersama dengan teman-temanya tetap berharap Field Trip berikutnya dapat dilakukan secara offline, dan berdoa agar pandemi dapat segera berakhir.#

SEKOLAH PUTRI DARUL ISTIQAMAH
📝Daftarkan diri anda di Nomor/WA yang tertera dibawah ini
👇👇
📱0411 388 2635
08114112970 / 081234207772
📲 WhatsApp : http://bit.ly/SekolahPutriDarulIstiqamah
📲 Facebook : spidi
📲 Instagram: sekolahputridarulistiqamah @Sekolah Putri Darul Istiqamah
Ingin tahu selengkapnya, silakan kunjungi spidi.sch.id
=====================