Di tengah penerapan physical distancing, Sekolah Putri Darul Istiqamah (SPIDI) adakan pelatihan digital skala nasional. Membahas pembelajaran berbasis Google Classroom secara daring, pada Ahad (5/4) mulai pukul 08.00-12.00 WITA.

Kegiatan ini merupakan salah satu usaha SPIDI dalam rangka berbagi ilmu dengan guru-guru di seluruh Indonesia, untuk belajar sistematika pembelajaran via Google Meet dan Google Classroom.

“Kegiatan ini adalah salah satu bagian dari program SPIDI Berkhidmat untuk Ummat. Dimana peserta yang mendaftar lebih dari 50 orang dari berbagai daerah. Seperti Bandung, Gorontalo, Maros, Bulukumba, dan Makassar.” Ujar Syamsuriyani selaku penanggungjawab kegiatan.

Adapun materi yang dibahas adalah Pengenalan dan Dasar Google Classroom, seperti membuat kelas, membuat tugas dan ulangan harian, mengepost materi belajar, serta membuat google form untuk ujian peserta didik.

Google Classroom dan Google Meet dinilai sebagai media pembelajaran yang diperlukan saat kondisi pandemi Covid-19 seperti ini, sehingga guru-guru perlu menguasai penerapannya.

“Saya rasa sangat penting mengingat kondisi saat ini. Jadi dengan Google Classroom pembelajaran bisa tetap jalan meski jarak jauh.” Ungkap Andi Mauraga Djamruk, S.S (Wakil kepala SPIDI Language Center), sebagai salah satu pemateri pelatihan tersebut.

Beliau menambahkan bahwa Google Classroom dan Google Meet, menjadi alternatif belajar yang mampu menghadirkan proses belajar seperti di kelas biasanya.

“Hampir sama dengan pembelajaran di kelas asli. Karena ada fitur-fitur yang bisa dimaksimalkan oleh guru. Seperti fitur memberikan tugas dan mengembalikan tugas,” imbuhnya.

Beliau mengatakan bahwa penguasaan Google Classroom tidak begitu rumit karena tidak membutuhkan keahlian khusus. Sehingga cukup mudah untuk dipelajari dengan mengikuti pelatihan seperti ini.

Selain Andi Mauraga, hadir pula Nurul Fitri Sirajuddin, S.Pd (Staff ICT SPIDI) sebagai pemateri hari ini.

Pada pelatihan daring ini, membangun diskusi dan ruang belajar bagi guru. Dilihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta saat sesi diskusi.