PESAN PENTING BAGI ORANG TUA!

BERITA News News SPIDI

KENALI DAN PAHAMI FASE REMAJA UNTUK PERKEMBANGAN ANAK ANDA

Pembahasan tentang remaja memang tidak akan ada habisnya, terlebih bagi seseorang yang telah melewati masa-masa remajanya.

Masa yang sebagian orang merasa bahwa masa tersebut adalah masa yang paling berkesan. Masa yang sebagian waktu dihabiskan di bangku sekolah.

Masa remaja adalah salah satu tahap perkembangan hidup manusia setelah melewati masa kanak-kanak.

Masa tersebut merupakan titik awal manusia mengenal hal baru di luar lingkungan keluarga.

Menurut Santrock (2003), seorang psikolog dan penulis buku, masa remaja merupakan periode transisi perkembangan antara masa kanak-kanak dengan masa dewasa, yang melibatkan perubahan dari aspek biologis, kognitif, dan sosioemosional, yang dimulai dari rentang usia 10 hingga 13 tahun dan berakhir pada usia sekitar 18 hingga 22 tahun.

Perubahan yang terjadi pada remaja dapat membantu remaja menemukan identitas diri. Sehingga penting bagi orang tua memahami setiap fase pertumbuhan remaja, untuk membantu mereka menemukan jati dirinya.

Berikut beberapa aspek perkembangan remaja :

  1. Perkembangan aspek biologis ditandai dengan perubahan biologis dan fisik remaja.
  2. Perkembangan aspek kognitif, yaitu perubahan dalam kemampuan berpikir. Pada tahap ini, remaja lebih mampu berpikir secara nalar, lebih kritis, idealistic dan rasional. Remaja membutuhkan kemampuan berpikir akan hal baik dan buruk.
  3. Perkembangan aspek sosioemosional, yaitu perubahan kemandirian, berusaha menunjukkan diri, butuh pengakuan, keinginan lebih sering bersama teman sebaya, kadang konflik dengan orangtua, mengenal hal baru selain didikan di dalam rumah, emosi yang tidak stabil. Ketidakstabilan emosi tersebut merupakan hal yang wajar sebagai usaha adaptasi pada pola perilaku dan harapan social yang baru. Pada  tahap ini juga remaja mengalami perubahan yang mencakup meningkatnya usaha untuk memahami diri sendiri serta pencarian identitas.

Oleh Nur Sidrah S.Psi (Konselor SPIDI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 2 =

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.