Sekolah Putri Darul Istiqamah menggelar Seminar Kesehatan dengan tema “Kesehatan Reproduksi pada Remaja” hari ini Selasa, 16 November 2021.

Seminar kesehatan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan oleh Petugas Kesehatan SPIDI, dengan mengangkat berbagai tema yang berkaitan dengan kesehatan tentunya.

Salah satu perawat yang bertugas di SPIDI, Ns. Nur Fadila mengungkapkan, tujuan dilaksanakannya seminar kali ini adalah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan remaja sendiri tentang bagaimana cara menjaga kebersihan reproduksi wanita.

“Selain itu, dalam seminar ini juga diharapkan dapat menghindarkan siswi SPIDI melakukan hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat berpengaruh pada kesehatan reproduksinya,” tuturnya.

Dr. Israeni selaku pembawa materi mengajak seluruh siswi untuk dapat menjaga pola hidup yang teratur, termasuk makanan yang dikonsumsi.

“Pola hidup teratur akan sangat memengaruhi kesehatan reproduksi kita,” tambahnya.

Seminar berlangsung interaktif dengan berbagai pertanyaan dari para siswi, mulai dari pembahasan cara agar meminimalisir nyeri saat menstruasi, penyebab jadwal menstruasi yang tidak teratur dan hal lainnya.

Salah satu siswi mengungkapkan rasa senangnya karena dapat menerima materi terkait kesehatan reproduksi.

“Materi ini sangat penting untuk saya dan teman-teman tentunya, karena kita masih di masa remaja dan tentunya membutuhkan edukasi terkait hal ini,” ungkap Amelia Kirani.