MENDEKATI EVALUASI SEMESTER, SEJUMLAH PROJECT DIPERSIAPKAN SISWI SPIDI

Selasa, (3/12). Siswi Sekolah Putri Darul Istiqamah (SPIDI) tengah menyiapkan berbagai kebutuhan, dan mulai membuat project kelompok masing-masing. Project tersebut sebagai bahan evaluasi semester saat Learning Exhibition Nantinya.

Beberapa project yang dibuat diantaranya: Eco Printing, Ecobrick dari sampah plastik, Masker Organik, Youghurt, Maket SPIDI, serta berbagai produk teh dari buah dan dedaunan seperti salak, mengkudu, dan daun bidara.

Selain itu beberapa siswi lainnya membuat ramuan obat-obatan dan sabun herbal. Seperti obat batuk sirup dari buah jamblang atau dikenal “anggur bugis”, serta sabun dari beras ketan, aloevera, avocado dan ekstrak buah mangga.

Buah mangga dipilih salah satu kelompok sebagai bahan utama. Selain karena mudah didapatkan, mangga memiliki wangi khas sehingga lebih pas untuk dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan sabun. Hal ini diungkapkan Taqiyah, saat meracik ekstrak mangga di Laboratorium Biologi SPIDI.

“Kami pilih mangga untuk dijadikan sabun, karena baunya lebih harum. Sehingga baik untuk dijadikan sabun mandi.” Ungkap Taqiyah, siswi kelas IX SPIDI.

Selain jenis makanan dan obat, ada juga project berupa alat teknologi yang sementara dipersiapkan siswi SPIDI. Seperti vacum cleaner, power bank dan bel bilingual. Siswi SPIDI kali ini juga mencoba membuat baterai dari kulit pisang, serta briket dari daun kering sebagai pengganti bahan bakar.

Adapun hasil project yang dibuat nantinya, akan dipresentasikan siswi di hadapan guru, dan orang tua siswi saat evaluasi dalam bentuk Learning Exhibition.