MEMETIK HIKMAH DIBALIK MUSIBAH

BERITA News News SPIDI

Oleh Ince Juana, Siswi Kelas XI Tahfidz SPIDI

Sebuah catatan kecil yang ingin saya ungkapkan melalui pesan ini. Sebagai seorang muslim/muslimah menghadapi musibah Gempa Bumi di Majene Sulawesi Barat.

Saya sendiri dan juga keluarga tidak begitu cemas terhadap kejadian ini, karena saya yakin Allah tidak akan menguji saya dan sekeluarga melebih batas kemampuan kami.

Dan atas keyakinan yang insyaAllah sudah tertanam dalam diri saya, bahwa Allah itu maha baik dan suka memberikan kejutan kepada hambanya, dengan cara yang tak biasa.

Maka bukan hak kami untuk tidak menerima takdir yang telah ditetapkan hari ini. Kami hanyalah orang yang menjalankan skenario yang telah ditetapkan oleh Allah.

Dan kesalahan besarlah bagi kami jika tidak menerima kenyataan yang mungkin sangat memilukan ini.

Tempat pengungsian yang saya tempati ini mungkin hasil dari permintaan masyarakat yang ingin camping di pegunungan ataupun liburan, namun terhalang oleh virus covid 19.

Dan Allah punya rencana ternyata, Ia baru mengabulkan hari ini dengan menggetarkan kota kami, akhirnya kami bisa camping dengan cara ini.

Saya sendiri Ince Juana, murid yang telah diajarkan untuk memiliki hati yang besar dalam setiap kondisi. Dan saya mencoba mengamalkan ilmu yang telah dibagikan kepada kami.

Ilmu yang terdapat dalam melalui firman Allah yang mulia:

وَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۖ وَعَسَىٰ أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” [al-Baqarah: 216].

فَإِنْ كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا

“Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” [an-Nisa: 19].

Semoga Allah tetap mengkokohkan kami dalam ketaatan kepada-Nya. Karena tidak ada di dalam hati kami rasa su’udzon kepada Mu ya Allah. Dan semoga atas musibah ini kami mendapatkan Rahmat dan ridha Allah.

Semoga kota kami tetap aman dan kami bisa mengambil hikmah yang besar dalam kejadian ini.

Ince Juana, Siswi Kelas XI Tahfizh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − 6 =

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.