SEKOLAH PUTRI DARUL ISTIQOMAH
Kurikulum Mar’atushshalihah Kekhasan belajar di SPIDI adalah kurikulumnya yang khas, menggabungkan antara kurikulum keislaman dengan kurikulum 2013. Siswi tidak hanya belajar kurikulum 2013 dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, namun juga belajar kajian kitab klasik/turots dan halaqah tarbawiyah untuk penanaman nilai dan pendalaman Islam. Diharapkan dari kurikulum mar’atushshalihah ini lahir generasi yang unggul secara akademik dan berkarakter muslimah yang tangguh.
Integrated, Creative, Contextual Teaching Learning (ICCTL) Pembelajaran yang kekinian, dimana guru melakukan transfer nilai, keterampilan, dan pengetahuan dengan metode dan pendekatan pembelajaran yang terpadu, kreatif, dan kontekstual. Pembelajaran yang terpadu ini siswi belajar satu masalah yang dikaji dari berbagai mata pelajaran, sebagai contoh mempelajari topik energi secara berkaitan dari sudut pandang biologi, kimia, dan fisika. Pembelajaran yang kreatif lebih menekankan pada student centered atau pembelajaran yang terpusat pada siswi. Pembelajaran yang kontekstual dimana siswi belajar berbagai topik namun tetap dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan aplikasi ilmu dalam kehidupan. Kegiatan ICCTL antara lain adalah fieldtrip, learning exhibition, project based learning, assembling, research (penelitian), experiental learning, dan seminar keilmuan. Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan per 3 bulan sekali dan sebagai pengganti ujian mid semester atau ujian akhir semester.
Authentic Assessment Di SPIDI sudah mengurangi ujian berbasis paper atau ujian tulis, hal ini dikarenakan SPIDI telah menerapkan authentic assessment atau penilaian yang variatif. Ujian tulis bukan satu satunya alat penentu hasil belajar, namun proses pembelajaran sangat diperhatikan untuk dinilai juga. Sehingga belajar di SPIDI tidak akan terus berorientasi pada hasil belajar, namun juga proses pembelajaran. Salah satu bentuk authentic assessment antara lain penilaian karakter yang diwujudkan dalam rapor mar’atushshalihah, penilaian project (research/penelitian, diorama, performance/penampilan, dll)
Green School Selain SPIDI adalah sekolah pemenang adiwiyata tingkat provinsi Sulawesi Selatan, SPIDI berkomitmen menyediakan learning environment (lingkungan belajar) yang kondusif bagi siswi. Siswi bisa belajar di taman, gazebo, danau, dan pondok-pondok dengan nuansa nyaman, bersih, dan indah. Pendidikan lingkungan terintegrasi dalam intrakurikuler yaitu siswi wajib mengikuti mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. Tak hanya teori, siswi berlatih menjaga lingkungan dengan praktek program-program green school.
Environmental Learning Lingkungan SPIDI yang berada di tengah masyarakat dan kondisi lingkungan serta keberagaman ekosistem di SPIDI sangat memungkinkan untuk dijadikan sumber belajar. Dalam mengajar, guru tidak hanya mengajar di kelas, namun juga di luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan yang ada. Kebun pertanian, bioflok, biopori, danau, dan lingkungan masyarakat senantiasa digunakan sebagai sumber belajar beberapa mata pelajaran.
Overseas Salah satu program untuk meningkatkan wawasan global dan keterampilan berbahasa asing adalah overseas program. Program overseas yang diadakan SPIDI antara lain ke USA, Turki, Jepang, dan Singapore-Malaysia. Program overseas ke USA berfokus pada pengembangan leadership dan keterampilan bahasa inggris, selain seat in di salah satu institusi pendidikan, siswi akan diajak untuk bersosialisasi dengan forum perdamaian antar agama yangdiinisiasi oleh Imam Islamic Center New York yaitu Shamsi Ali. Overseas Turki bertujuan untuk mengembangkan dau bahasa sekaligus, yaitu arab dan english. Selain belajar sejarah Islam, siswi akan diajak belajar bahasa arab di salah satu Universitas berbahasa arab di Turki. Overseas Jepang bertujuan agar siswi belajar hal positif yang bisa didapatkan dari negara adidaya Asia ini mulai dari kemajuan teknologi sampai kedisiplinan masyarakatnya. Singapore-Malaysia Race adalah salah satu program tahunan dimana siswi diajak untuk race atau berlomba menemukan tempat dan menyelesaikan tantangan di negara orang, secara tidak langsung keterampilan berbahasa dan kemandiriannya akan terbangun.
Students Exchange SPIDI memiliki beberapa MoU dengan sekolah di dalam dan luar negeri untuk kegiatan student exchange atau pertukaran pelajar. Siswi akan belajar di sekola lain dengan nuansa brau dan membangun kemandirian serta social skill nya. Nusantara Foundation USA telah berkomitmen untuk menerima siswi SPIDI belajar di New York.
Internship Program Siswi SPIDI diwajibkan mengikuti Psikotest untuk diketahui minat dan potensinya. Selanjutnya dari hasil psikotest dan wawancara keinginan jurusan di perguruan tinggi, psikolog dan konselor mengarahkan siswi melaksanakan internship atau magang untuk orientasi karir di tempat yang sesuai dengan cita-cita dan potensinya. Dari kegiatan ini siswi akan memiliki kemampuan memutuskan (decision making) apakah cita-citanya sudah pas dengan potensi dan minat yang dimiliki.
Total Immersion SPIDI memiliki konsen yang besar terhadap keterampilan bahasa asing siswi, yaitu arabic dan english. Lingkungan SPIDI adalah english dan arabic area, santri dan civitas akademik dibiasakan untuk menggunakan bahasa arab dan inggris dalam kehidupan sehari-hari. Kelas tambahan bahasa juga diberikan untuk mendukung kemampuan bahasa asing siswi, yaitu kelas bahasa pagi yang sifatnya wajib dan kelas bahasa sore yang bersifat pilihan.
Cambridge Assessment English SPIDI berpartner dengan Cambridge Assessment English untuk kurikulum bahasa inggris di kelas dan standar ujian internasional. Dengan ini siswi SPIDI mendapatkan pembelajaran yang berkualitas dan memiliki sertifikat Cambridge yang diakui secara internasional.
SPIDI Language Center SPIDI memiliki pusat bahasa yang mengawal pembelajaran bahasa asing untuk siswi dan civitas. Jadi kalau sekolah di SPIDI, tidak perlu lagi mencari les atau bimbingan belajar khusus untuk bahasa, cukup datang ke SLC dan rencanakan upgrading bahasa asing disini. Weekend akan menjadi lebih bermakna jika dimanfaatkan untuk belajar bahasa bersama SLC.
Program Persiapan Kuliah Luar Negeri SPIDI terus memberikan kelas motivasi, seminar kuliah luar negeri dan forum-forum yang mendorong santri SPIDI untuk bisa melanjutkan sekolah di luar negeri. Bukan hal yang tidak mungkin untuk lanjut kuliah di luar negeri bagi orang yang mau belajar dan berusaha di SPIDI.
Learning Support Center SPIDI memiliki LSC yang siap untuk mensupport belajar siswi yang terdiri dari tim psikolog dan konselor. Tim ini mengawal mulai dari psikotest, pemetaan gaya belajar, minat dan bakat, penjurusan, pendampingan masuk perguruan tinggi favorit dan layanan konseling lainnya.
Islamic Holistic Education Siswi SPIDI tidak hanya mengedepankan belajar akademik saja, namun juga keterampilan hidup (life skills), sehingga SPIDI hadir dengan konsep boarding school sehingga semua aspek kehidupan siswi di sekolah dan asrama selama 24 jam itu adalah proses pendidikan. Holistic education memperhatikan character building (pendidikan karakter), critical thinking skill (kemampuan berfikir kritis), conflict resolution skill (keterampilan memecahkan konflik), emotional development (perkembangan emosi), dan healthy social skill (keterampilan sosial dan hidup sehat). Kehidupan berasrama sangat berperan penting dalam hal ini.
TILAWA (Tidul Lebih Awal) Siswi SPIDI diajarkan untuk memiliki manajemen waktu ala Rasulullah, dimana mereka bangun pukul 02.00 dan tidur lebih awal pukul 20.00. Siswi memulai kegiatan dengan Qiyamul Lail dan Kajian Keislaman serta diakhiri dengan Kajian Keislaman dan Shalat Isya’.