Sekolah Putri Darul Istiqamah menggelar webinar open public dengan tema “Mengejar Mimpi Kuliah di Timur Tengah” pada hari Ahad, 14 November 2021.

Webinar ini dihadiri oleh 3 Narasumber, antara lain Dr. Kamran As’at Irsyadi (Alumnus Al-Azhar dan Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UIN Raden Intan Lampung), Dzulkifli Al’Amin, Lc. (Alumnus Al-Azhar University Cairo), dan Abd. Salam Rahim, Lc. (Alumnus Al-Azhar dan Kepala Unit Islamic Studies SPIDI).

Webinar ini diikuti dengan peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, ada yang berasal dari Palu, Jakarta, Bogor, Manado, Makassar, Maros, serta berbagai daerah lainnya.

Kehadiran banyaknya peserta menunjukkan antusias yang luar biasa untuk dapat mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan proses perkuliahan di wilayah Timur Tengah.

Dr. Kamran selaku narasumber pertama yang memaparkan materi menceritakan pengalaman dan alasannya memilih kuliah di luar negeri.

“Kenapa kuliah harus di luar negeri, apalagi di daerah Timur Tengah, itu karena yang terpenting adalah ketersambungan sanad keilmuan kita, dan tentunya ya membangun jejaring, jejaring itu investasi yang santa besar dalam hidup,” ungkapnya.

Berbagai hal disampaikan oleh dr. Kamran, mulai dari syarat-syarat untuk masuk perguruan tinggi di Mesir, apa saja yang harus disiapkan sejak awal, kisi-kisi tes CBT Kemenag, dan masih banyak lagi.

Salah satu alumnus Al-Azhar yang wisuda pada tahun 2020 kemarin, Zulkifli Al’Amin mengungkapkan rasa bahagia dan bangganya dapat menyelesaikan kuliah di Universitas Al-Azhar.

“Di Al-Azhar, kita mengumpulkan rasa cinta terhadap ilmu pengetahuan, mungkin tidak ada perpustakaan yang besar disana, tapi khazanah atau buku-buku disana sangat banyak dan tidak mahal tentunya,” tuturnya.

Pemuda asal Makassar ini juga menambahkan, jika memanfaatkan waktu dengan baik ketika berkuliah di Al-Azhar, maka insyaa Allah kita akan memahami islam secara komprehensif.

“Al-Azhar itu surganya ilmu pengetahuan,” tambahnya.

Kepala Unit Islamic Studies SPIDI, Ust Salam Rahim yang juga merupakan alumni dari Universitas Al-Azhar menjelaskan salah satu tempat belajar yang terletak di Masjid Al-Azhar, yaitu Ruwaq Al-Azhar.

“Ruwaq Al-Azhar ini didirikan guna menyebarkan ruh keislaman kepada seluruh dunia dengan cara mengajarkan berbagai ilmu, mulai dari Tahfidz, Tafsir, Hadis, Fiqh, Aqidah, dan masih banyak lagi,” jelasnya.

Webinar ini berlangsung interaktif dengan adanya beberapa pertanyaan dari para peserta webinar.

Untuk informasi lebih lengkap terkait materi webinar, silahkan mengunjungi YouTube SPIDI TV.

Atau klik link di bawah ini:

http://bit.ly/webinartimurtengahspidi