KEJAR PASSIONMU, KESUKSESAN AKAN DATANG PADAMU

News News SPIDI

Orang tua dan anak perlu paham bahwa kerja itu hal yang akan dilakukan dalam waktu yang lama. Maka maukah dihabiskan untuk hal yang anak tidak disenangi? Untuk hal yang sebenarnya ini “bukan kamu”. Jangan mengorbankan passion karena orientasi dunia: (penghasilan). Pastikan disukai, jika tidak…, tidak dinikmati…, tersiksa. Maka  jujurlah sama diri sendiri.” dr. Gamal Albinsaid, M.Biomed. (Dokter, Wirausahawan Sosial, dan CEO Indonesia Medika).

Passion menjadi dasar untuk memilih jurusan kuliah dan perguruan tinggi anak ke depannya. Begitulah yang disampaikan dr. Gamal, saat Edufair di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.

Edufair ini diikuti oleh guru dan siswi SPIDI, peserta Student Exchange di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Edufair berlangsung selama tiga hari, mulai Sabtu (5/10), Senin, hingga Selasa (8/10), di Balai Pemuda Surabaya untuk hari pertama, dan SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, hari kedua dan ketiga.

Selain SMA Muhammadiyah 2 dan siswi SPIDI, kegiatan ini juga turut diikuti oleh beberapa Sekolah Tinggi di Surabaya, termasuk The Sages Institute, salah satu sekolah kuliner di Surabaya, serta lembaga konsultasi kuliah di luar negeri.

Salah satu rangkaian Edufair ini adalah Campus Exhibiton, yaitu pameran pendidikan dan pengenalan universitas kepada seluruh siswa-siswi. Beberapa universitas yang hadir diantaranya; Telkom University, Universitas Gajah Mada (UGM), dan Universitas Islam Indonesia (UII). 

Edufair dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan minat siswa-siswi untuk melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Selain itu memberikan pemahaman kepada para orang tua, agar memberi kesempatan bagi anak untuk menentukan pilihan sendiri, dalam memilih jurusan kuliah, dan juga perguruan tinggi yang anak inginkan.

“Saya melihat pameran pendidikan ini berusaha untuk membangkitkan semangat anak dalam belajar, khususnya kelas XII SMA. Memberikan pemahaman kepada orang tua, karena banyak kasus didapat orangtua mau anaknya dokter, tapi anak sebenarnya merasa passionnya bukan di situ. Jadi momen ini juga untuk pahamkan orang tua soal pentingnya passion anak.” Jelas Ibu Ayu, selaku guru pendamping student exchange SPIDI.

Semangat untuk menempuh pendidikan lebih jelasnya, dibahas dalam Talkshow Campus Exhibition yang menghadirkan dr.Gamal sebagai pembicara. dr Gamal menjelaskan terkait bagaimana anak tumbuh menjadi pribadi yg berkualitas, memiliki spiritualitas yang baik, dan sukses dunia akhirat.

Selain itu meyakinkan kepada kepada para anak dan orang tua, untuk mengikuti passion yang dimiliki dan mengembangkannya, dalam memilih kuliah jurusan apa dan di perguruan tinggi mana. Menurutnya anak dan orang tua perlu saling membuka ruang diskusi, untuk pendidikan anak. 

“Apalagi untuk pilihan jurusan anak, ketika memilih jurusan penting bagi anak untuk memikirkan: kamu senangi, kamu menguasai, kamu bisa bermakna untuk kehidupan,”…………

“If you follow your passion, money, people, and impact will follow you,” jelas Gamal Alibinsaid dalam pemaparannya.

Talkshow ini juga dinilai oleh Ibu Ayu sangat tepat bagi anak yang pilihannya berbeda dengan orang tua terkait kuliah jurusan apa. “Apalagi saya juga banyak mendapatkan anak yang cerita, kalau ia galau galau pilih jurusan karena orangtuanya yang tidak setuju,” ungkapnya.

Ibu Ayu juga mengatakan, tak ketinggalan siswi SPIDI yang student exchange. Di event ini, mereka banyak konsultasi terkait jurusan yang diminati mereka untuk kuliah. Sehingga Ibu Ayu berharap melalui kegiatan ini menambah informasi dan semangat siswi melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. 

“Salah satunya, Aqilah banyak menanyakan tentang fakultas kedokteran UGM. Semoga ananda bisa punya tambahan informasi kampus dan jurusan kuliah, bisa makin semangat juga mempersiapkannya.” Harap Ibu Ayu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − 9 =