Apa sih yang membuat para direksi dan manager SPIDI menjadi pemimpin? Inilah pertanyaan yang dilontarkan Fauziah Zulfitri, CEO konsultan pengembangan sdm Insight Sinergi Utama, kepada para top manajemen SPIDI di acara Leadership Training yang diadakan pada Selasa, 19 Oktober 2021 di hotel Pesonna, Makassar.

Pertanyaan yang sederhana tapi membuat para peserta training seketika hening dan berfikir keras.

Masing masing sibuk dalam pikiran terdalamnya mencari jawaban atas pertanyaan sederhana itu. 

Menurut Oci, sapaan akrab CEO dengan seabrek sertifikasi internasional ini, pertanyaan tersebut sangat penting untuk para leader karena akan meleading ke arah dimana mereka akan memahami dan mengenal diri sendiri. 

“Sangat penting, karena hal itu akan memberikan arah yang jelas bagi para pemimpin, serta menghindarkan dari memimpin orang ke tempat yang tidak ingin dituju,” kata Oci saat menyuguhkan materi leadership training tersebut. 

Lebih lanjut lagi ia mengatakan bahwa dengan memahami diri sendiri, akan menjadi awal yang bagus untuk kita belajar memimpin diri sendiri dan memahami minat dan nilai nilai yang kita yakini. 

“Sebab jika anda tidak dapat memimpin diri sendiri, bagaimana Anda akan membuat perbedaan,” ujar Oci. 

Pertanyaan tentang bagaimana memahami diri sendiri ini ternyata membuat para top manajemen SPIDI lebih sadar lagi tentang pentingnya peran mereka menakhodai perjalanan panjang sekolah terbaik di Indonesia timur tersebut. Serta bagaimana pentingnya para pemimpin sebagai role model bagi seluruh civitas SPIDI khususnya. 

“Luar biasa sekali,” kata manajer marketing dan komunikasi SPIDI, Muh Hasrul. “Leadership training benar benar membuka mata saya tentang bagaimana sih pemimpin yang baik itu,” tambah Hasrul di sela-sela acara tersebut. 

Belajar memimpin orang lain memang menarik, kita akan merasa lebih berdaya dan kuat.

Namun jika belum bisa memimpin diri sendiri, Anda tidak akan memiliki arah dan tujuan yang jelas, sehingga kekuatan, langkah, dan tindakan kita bersama tim tidak akan membawa kita kemana mana. 

Training tersebut dihadiri oleh jajaran direksi dan semua kepala serta wakil kepala unit SPIDI.

Para jajaran dewan pembina SPIDI, Ust Muzayyin Arif, Ust Mujawwid Arif dan Ust Safwan Saad juga turut ikut serta dalam acara tersebut.#