UPAYA SPIDI TINGKATKAN HAFALAN QUR’AN SISWI

BERITA News News SPIDI
PEKAN TASMI

Program Tahfizhul Qur’an SPIDI kembali gelar pekan Tasmi’. Siswi tasmi’ (memperdengarkan) hafalan qur’annya sesuai target di awal semester. Kali ini siswi mentasmi’kan satu hingga dua setengah juz.

Tradisi Tasmi’ adalah pekan evaluasi bagi siswi, mengenai progres hafalan Qur’annya. Siswi memperdengarkan capaian hafalannya di hadapan ustazah, serta orang tua secara langsung ketika akhir semester.

Alhamdulillah, Program Tahfizhul Qur’an berupaya mendukung cita-cita para pejuang hafidzah SPIDI. Mereka dengan mimpi mulianya memakaikan jubah kemuliaan, untuk orang tuanya di akhirat kelak.

HAFAL 30 JUZ SETAHUN

Tahfizhul Qur’an adalah program unggulan SPIDI. Khususnya bagi setiap siswi baru SPIDI yaitu kelas VII dan X, mereka ditargetkan khatam 30 juz dalam waktu satu tahun.

Program tahfizh mengarahkan siswi untuk lebih dulu fokus dengan Al-Qur’an, mengejar target hafalannya, tetapi tetap belajar ilmu akademik.

“Era serba teknologi ini, banyak tantangan dalam mendidik anak, seperti bermain media sosial. Program tahfizh ini membantu agar anak kita lebih banyak waktu untuk mempelajari Al-Qur’an.” Kata Ustadz Abdul Rahim, Kepala Unit Tahfizh SPIDI.

INVESTASI ORANG TUA

Mengarahkan anak dalam menempuh pendidikan Al-Qur’an, adalah investasi terbesar orang tua di akhirat. Setiap anak yang menjadi penghafal Qur’an, maka pahalanya akan mengalir kepada ayah dan ibunya.

“Suatu saat orang tua akan bertanya, kemuliaan apa yang saya lakukan sampai saya diberi mahkota kemuliaan?” Tutur Ust. Rahim

Keistimewaan itulah yang dijelaskan Ust. Rahim, tentang betapa bahagianya orang tua yang dikaruniai seorang anak penghafal Al-Qur’an.

Maka Allah menjawab mahkota dan juba kemuliaan itu didapatkan dari pahala, dan berkah usaha para orang tua, yang mengarahkan anaknya menghafal Al-Qur’an.

“Mengapa kami diberi pakian kemuliaan seperti ini?’ Dijawab: Karena anak kalian berdua belajar dan menghafal Al Qur’an.” (Mustadrak Al Hakim 1/568. Dihasankan Al Albani dlm As Shahihah no.2914).

PROGRAM TAHFIZH SPIDI

Selain pelajaran umum, pada jurusan tahfizhul qur’an siswi SPIDI lebih banyak belajar ilmu Al-Qur’an, seperti qiroaah, tahsin, serta tafsir Al-Qur’an (Bahasa Arab).

Mendidik anak dengan pelajaran Al-Qur’an tentu menanamkan karakter dan akhlak terpuji bagi anak. Sehingga inilah salah satu poin utama program Tahfizh di SPIDI.

“Cenderung dari segi akhlak berpengaruh, pengalaman saya melihat rata-rata yang sudah menghafal Al-Quran, akhlaknya sungguh baik.” Tutur Ust. Rahim.

Beliau menegaskan, setelah akhlak dan pemahaman Qur’an anak mumpuni, selanjutnya anak akan lebih mudah menyerap materi pelajaran yang ia sukai, terlebih dalam mengejar cita-citanya.

Siswi tasmi’ (memperdengarkan) hafalan qur’annya sesuai target di awal semester. Senin 23/11

 

 

1 thought on “UPAYA SPIDI TINGKATKAN HAFALAN QUR’AN SISWI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two + twelve =