Menindaklanjuti status pandemi Covid-19, serta Surat Edaran Mendikbud No 3 Tahun 2020, tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan, Sekolah Putri Darul Istiqamah (SPIDI) terapkan e-learning “SPIDI on Cloud”. Hal ini ditetapkan sejak tanggal 16 hingga 28 Maret 2020.


Keputusan tersebut dikeluarkan SPIDI melalui surat 294/BY/E/DP-1/VII/2020, perihal pemberitahuan beberapa kebijakan menangani kasus Covid-19. Salah satunya memindahkan proses pembelajaran siswi ke rumah masing-masing, melalui e-learning “SPIDI on Cloud”.


Dalam surat tersebut juga ditekankan bahwa kebijakan ini tidak berarti siswi diliburkan dari aktivitas pembelajaran, namun seluruh Daily Activities SPIDI tetap dilaksanakan di rumah, di bawah pengawasan dan pendampingan orang tua.


Di mana seluruh aktivitas dan ibadah siswi juga akan dimonitoring melalui “SPIDI on Cloud”. Pihak guru, dan ustadz/ustadzah tetap melakukan pengabsenan, dan melaksanakan proses belajar mengajar secara online melalui Google Classroom. Hal tersebut diungkapkan oleh Ibu Riza Sativani Hayati, M.Pd., selaku Direktur Pendidikan SPIDI.


“SPIDI memaksimalkan proses pendampingan belajar melalui daring atau online SPIDI on Cloud. Dimana guru, umi asrama, dan orang tua bersinergi untuk mendampingi proses belajar melalui website e learning yang sudah kita siapkan,” ujarnya.


Adapun seluruh kebijakan ini akan ditinjau kembali sesuai dengan perkembangan yang terjadi. Pihak SPIDI dalam surat pemberitahuan menyampaikan pula kepada siswi, dan orang tua agar tetap berhati-hati serta berdoa memohon pelindungan dari penularan Covid 19.


“Ujian Covid-19 ini tentu membuat manajemen pendidikan merasa tidak dapat maksimal, dalam pendampingan pendidikan siswi. Namun tentu Allah akan memberikan banyak hikmah dibalik ujian ini. Kami mengajak semua pihak untuk melakukan ikhtiar syar’i, seperti merutinkan membaca dzikir pagi dan petang, serta selalu berdoa memohon kepada Allah.” Ungkap Ibu Riza menambahkan.


Beliau juga menuturkan bahwa selain instruksi pemerintah, pemindahan proses belajar dari sekolah ke rumah ini akan dimaksimalkan untuk sterilisasi area SPIDI guna pencegahan wabah Covid-19.